Laman

Pengaruh Kolesterol Terhadap Kesehatan Jantung

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Organ yang satu ini ibarat pemberi kehidupan tubuh kita. Karena fungsi vitalnya sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh, mengalirkan oksigen yang dibutuhkan untuk kelangsungan kerja organ-organ lainnya. Itulah sebabnya Anda harus ekstra perhatian dengan organ sebesar satu kepalan tangan ini.

Namun memang menjaga jantung tidak begitu mudah. Kita harus menjaganya sejak dini demi kesehatannya hingga kita tua nanti. Kolesterol seringkali menjadi faktor yang mengganggu kesehatan dan merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.

kolesterol jantungSebenarnya, apa itu kolesterol? Dalam tubuh terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein), namun ada pula kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein).

Saat kolesterol jahat terlalu banyak beredar di dalam darah kita, zat ini akan mengeras seperti zat lilin yang mengeras dan menumpuk di dinding pembuluh darah membentuk plak. Terbayang akibatnya, aliran darah kita akan tersumbat. Aliran darah yang mampet inilah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke, yang berakibat fatal. Sementara itu, kolesterol baik merupakan lemak yang dapat melarutkan kolesterol jahat alias LDL tersebut.
Setelah mengetahui bagaimana kolesterol membunuh manusia, mau tidak mau kita harus mencegah penumpukan kandungan LDL dalam darah agar tetap dalam keadaan normal. Sebetulnya hal ini tidaklah sulit, namun menahan selera terhadap asupan tinggi kolesterol yang sulit bagi kebanyakan orang.

Asupan Yang Tinggi Kolesterol
  • Jeroan
  • Cumi-cumi
  • Kuning Telur Ayam
  • Otak Sapi
  • Telur Burung Puyuh
  • Dan lain-lain.
Bagaimana Dengan Minyak Goreng?

Pada dasarnya, sumber kolesterol tinggi berasal hanya dari lemak hewani. Karena lemak hewani mengandung banyak sterol yang disebut kolesterol, sedangkan minyak nabati mengandung fitosterol. Maka itu, sebenarnya minyak goreng bukanlah sumber kolesterol. Akan tetapi, konsumsi minyak dengan kandungan asam lemak jenuh yang cukup tinggi bisa menyebabkan terbentuknya kolesterol di dalam tubuh.

Jenis minyak goreng yang kandungan asam lemak jenuh yang sangat tinggi adalah minyak kelapa, yakni sebesar 90-92%. Sementara minyak kelapa sawit memiliki komposisi asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang seimbang. Sebaliknya, jenis minyak yang kandungannya didominasi oleh asam lemak tak jenuh yaitu minyak kedelai, yaitu sekitar 80%.

Minyak goreng dengan asam lemak tak jenuh yang tinggi, seperti minyak kedelai ini justru sangat menguntungkan bagi kesehatan. Karena kandungannya tersebut bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hanya saja yang perlu diingat adalah jangan menggunakan minyak secara berulang, karena minyak bekas atau yang disebut dengan minyak jelantah ini dapat memicu kanker. Minyak yang telah dipakai menggoreng lebih dari sekali biasanya menjadi lebih kental, mempunyai asam lemak bebas yang tinggi dan berwarna kecoklatan. Nah, ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain memilih jenis minyak goreng yang Anda gunakan untuk memasak, ada beberapa hal yang juga bisa membantu untuk memelihara jantung Anda.
  1. Sering mengkonsumsi ikan. Karena selain merupakan sumber protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung dan penyakit stroke.
  2. Perbanyak konsumsi sayuran, buah, gandum utuh, dan juga kacang-kacangan. Karena makanan tersebut banyak mengandung nutrisi bermanfaat untuk jantung Anda.
  3. Kurangi, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Mulailah untuk berhati-hati dan mengira-ngira berapa jumlah lemak yang masuk ke tubuh Anda setiap kali Anda makan.
  4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Contohnya, untuk minyak goreng, pilihlah minyak kedelai yang merupakan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.
  5. Konsumsi banyak air putih dan olah raga rutin, dan hindari stres. Tiga hal ini merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Cukupnya kadar air putih dalam tubuh melancarkan sirkulasi darah yang pastinya baik untuk jantung. Olah raga membuat jantung sehat dan kuat. Dan hidup dengan frekuensi stres yang jarang membuat tekanan darah dan kondisi jantung Anda terus stabil, dan terhindar dari gangguan.

{ 2 comments... read them below or add one }

xhamone plus mengatakan...

sangat bermanfaat sekali buat di simak

dimdroid mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Poskan Komentar