Laman

Lawan COVID-19 dengan 9 Tips Sehat dari WHO

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan beberapa rekomendasi agar seseorang bisa tetap sehat secara fisik dan mental saat tinggal di bawah karantina, di antaranya adalah jangan merokok, batasi minum alkohol, olahraga, dan cobalah untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi berita, termasuk karantina mandiri di rumah

Virus corona baru (COVID-19) yang berasal dari Wuhan, China kurang dari 3 bulan lalu telah menjangkiti lebih dari 400.000 orang di hampir setiap negara di dunia.

9 tips lawan COVID-19

Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah ketentuan pengurungan atau isolasi sosial ketika para pejabat publik berjuang untuk menahan meluasnya wabah COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 20.000 jiwa.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada potensi stres ketika seseorang tetap tinggal di dalam rumah dan fokus mengawasi kasus-kasus dan jumlah korban jiwa dari virus corona yang terus meningkat di seluruh dunia, dan itu bisa berdampak buruk.

"Selama masa sulit ini, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam jangka panjang, itu juga akan membantu Anda melawan COVID-19, "kata Tedros.

Berikut beberapa saran WHO:
  1. Makan makanan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

  2. Batasi alkohol dan minuman manis.

  3. Jangan merokok. Ini dapat memperburuk gejala COVID-19 dan meningkatkan risiko sakit parah.

  4. Berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari untuk orang dewasa dan satu jam sehari untuk anak-anak.

  5. Jika Anda diizinkan pergi ke luar, berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda sambil menjaga jarak aman dari orang lain.

  6. Jika Anda tidak dapat meninggalkan rumah, Anda bisa melakukan aktivitas lain misal berdansa, yoga atau berjalan naik dan turun tangga.

  7. Orang yang bekerja dari rumah tidak boleh duduk terlalu lama di posisi yang sama.

  8. Beristirahat 3 menit setiap 30 menit.

  9. Jauhkan pikiran Anda dari krisis. Dengarkan musik, baca buku, atau main game.
"Adalah normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis corona. Tapi ngobrol dengan orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu [meredakan stres]," kata Tedros.

"Dan cobalah untuk tidak membaca atau terlalu banyak menonton berita [soal corona] jika itu membuatmu cemas. Dapatkan informasi [soal corona] dari sumber terpercaya sekali atau dua kali sehari," katanya

Sumber: WHO, CNBCIndonesia

{ 2 comments... read them below or add one }

michelle mengatakan...

test

michelle mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar