Laman

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Buah pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, serat, kalsium, potasium, folat, magnesium, dan beragam antioksidan seperti likopen. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah pepaya:

1. Menjaga kesehatan mata: Buah pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

2. Memelihara kesehatan rambut dan kuku: Ragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah dengan daging berwarna jingga ini bahkan bisa diolah menjadi masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

3. Memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari: Pepaya mengandung zat antioksidan yang bernama likopen. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena likopen dapat menangkal kerusakan sel akibat paparan sinar matahari dan mengurangi kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari.

4. Melancarkan pencernaan: Pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi pepaya diketahui dapat meredakan konstipasi dan perut kembung.

5. Menjaga kesehatan jantung: Kandungan vitamin C dan likopen di dalam pepaya, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit: Berbagai nutrisi dalam pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Misalnya, enzim papain yang dapat melembutkan kulit serta vitamin A dan C yang mengurangi kerutan dan memudarkan bintik hitam. Tak hanya itu, kandungan vitamin C juga berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput di kulit.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Pepaya mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan folat dalam pepaya juga dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber : Internet

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar