Laman

Makanan Gula Darah dan Herbal dapat Mengurangi Diabetes

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... alat chek gula darahDiabetes adalah penyakit yang sangat umum saat ini. penyakit ini juga dikenal sebagai Diabetes Mellitus (DM). Hal ini disebabkan oleh akumulasi glukosa atau gula dalam darah. Umumnya karbohidrat yang kita makan dikonversikan ke glukosa. Glukosa ini dibakar oleh hormon yang disebut insulin disekresikan oleh pankreas kita.
Glukosa yang terbakar memasuki sel-sel tubuh, kemudian memberikan energi pada tubuh. Bila proses ini tidak terjadi dengan benar, maka glukosa akan menumpuk dalam aliran darah yang menuju ke diabetes. Ada tiga jenis utama Diabetes : Diabetes tipe 1 di sebabkan karena kekurangan pasokan insulin, Diabetes tipe 2 disebabkan karena sel-sel tubuh tahan terhadap insulin dan Diabetes tipe 3 adalah Diabetes Gestational yang menyerang perempuan selama kehamilan.



Berikut adalah Makanan dan Suplemen yang dapat Mengurangi Tingkat Gula Darah

  • Kayu Manis:
 
kayu manis
Sebuah Studi menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi kadar gula darah secara alami ketika dikonsumsi setiap hari. Jika Anda menyukai kayu manis,  Anda dapat menambahkan enam gram kayu manis yang direkomendasikan pada makanan Anda setiap hari untuk mencapai efek yang diinginkan. Jika Anda tidak begitu menggemari kayu manis,saat ini telah tersedia kapsul sebagai pengganti kayu manis. Ini akan memberikan Anda dosis yang disarankan untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Kromium:
Mineral ini dianggap mampu meningkatkan kinerja insulin dan terlibat juga dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mineral ini membantu menurunkan gula darah, tapi hanya untuk mereka yang memang kekurangan krom.Tetapi di sini muncul pertanyaan bahwa bagaimana Anda dapat menambahkan Kromium untuk diet Anda? Cara terbaik adalah dengan menambahkan Suplemen Makanan Chromium picolinate.
chromium picolinate
  • Seng (mineral Zinc):
Mineral Zinc memainkan peranan  besar dalam produktivitas tubuh Anda dan dalam penyimpanan insulin. Seperti  telah diketahui bahwa penderita diabetes mellitus memiliki kekurangan Seng. Anda dapat meningkatkan Seng dalam diet Anda dengan mengkonsumsi suplemen atau dengan makan makanan yang tinggi nilai Seng.

Herbal dapat mengontrol diabetes

  • Kayu Manis kaya akan kandungan insulin
Kayu Manis dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan trigliserida yang juga faktor penting dalam penanganan untuk Diabetes Tipe 2. Setengah sendok teh bubuk kayu manis setiap hari yang ditambahkan ke dalam makanan dapat mengurangi kadar glukosa darah.

  • Buah Pare
  buah pare

Buah Pare memiliki beberapa senyawa yang membantu dalam menurunkan kadar gula darah. Pare yang pahit ini dianggap mampu membantu sel menggunakan glukosa secara lebih efektif dan meredam penyerapan gula di dalam usus. Minum jus buah pare pada pagi hari di saat perut kosong dapat memberikan hasil yang maksimal dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Para peneliti di Filipina yang meneliti konsumsi pare kepada pria dan wanita dalam bentuk kapsul selama 3 bulan menemukan adanya penurunan gula darah, walaupun sedikit, tetapi konstan. Permasalahan yang muncul adalah masalah pencernaan, tapi tidak jelas apa.

  • Magnesium
Kekurangan magnesium tidak jarang ditemui sebagai salah satu penyebab diabetes, bahkan gejala ini memperburuk kondisi gula darah dan resistansi insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat memperbaiki fungsi insulin dan menurunkan gula darah. Coba konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi Suplemen Magnesium.

magnesium
  • Prickly Pear Cactus (Daging buah kaktus)
kaktus 
Buah matang dari kaktus ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bentuk yang biasa ditemui adalah dalam bentuk buah, atau jus, atau bubuk. Para peneliti menemukan bahwa buah ini menurunkan kadar gula darah karena adanya komponen yang mirip dengan insulin. Buah ini juga tinggi kadar seratnya


  • Gamma-Linolenic Acid (Asam Linoleat Gamma)
Asam Linoleat Gamma, atau GLA adalah asam lemak yang ditemukan dalam minyak bunga evening primrose. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes adalah orang yang memiliki level GLA rendah dalam darah, dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat menurunkan, bahkan mencegah sakit di saraf yang muncul akibat diabetes

  • Bawang Merah
bawang merah

Bawang merah memiliki senyawa yang mampu memblokir atau menahan pemecahan insulin dan juga merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Hal ini dapat memberikan hasil yang baik bila dimakan dalam keadaan mentah atau direbus.


  • Biji Fenugreek
biji fenugreek

Biji-bijian yang digunakan sebagai bumbu masakan India ini mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin, dan menurunkan kolesterol, menurut beberapa penelitian. Efek ini mungkin timbul karena tingginya kadar serat. Bijinya juga mengandung asam amino yang meningkatkan produksi insulin. Di salah satu penelitian terhadap fenugreek, 60 orang yang mengkonsumsi 25 gr bumbu ini menunjukkan peningkatan yang baik terhadap pengendalian gula darah.

  • Bilberry
bilberry

Saudara blueberry ini memiliki antioksidan kuat dalam buah dan daunnya. Antioksidan yang dinamai antosianidin ini, membantu mencegah kerusakan sel darah kecil yang dapat merusak saraf dan retina mata. Penelitian terhadap hewan menunjukkan adanya penurunan gula darah juga akibat konsumsi buah bilberry ini.

  • Ginseng
ginseng

Dikenal karena kemampuannya yang mendorong sistem kekebalan tubuh, ginseng ini memiliki beberapa hasil positif mengenai diabetes. Para peneliti menemukan bahwa ginseng memperlambat penyerapan karbohidrat, meningkatkan kemampuan sel dalam menyerap glukosa, dan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas. Ditemukan juga di Toronto dalam suatu penelitian, bahwa ginseng mampu menurunkan kadar gula sampai 15-20 persen.


  • Gingko Biloba
gingko biloba

Ginko biloba adalah herbal yang populer untuk mengobati berbagai penyakit. Ekstrak daun Gingko biloba memberikan hasil yang baik dalam mengobati diabetes pada tahap awal.

Tak ada salahnya Anda mencoba suplemen alami tersebut, tapi ada baiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsinya. 

Semoga bermanfaat..

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar