Laman

Tips Sehat Dengan Manfaat Daun Ungu

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Pernah merasakan bengkak akibat pukulan? tentu sakitnya luar biasa, bisa sakit semua badan. Apalagi bila timbul luka setelahnya, wah...jangan sampai deh. Bagi yang lebih suka pengobatan tradisional bisa memanfaatkan daun ungu atau sering juga disebut sebagai daun temen-temen. Daun ini sering ditemukan tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. 

Tanaman ini asanya dari Papua dan Polynesia, tumbuh baik pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari dengan iklim kering atau lembab. Ciri yang menonjol tanaman ini adalah daun berwarna ungu mengkilap dan baunya kurang sedap, daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal dan ujung meruncing, sedangkan tulang daun menyirip. Bentuk tanamannya adalah pohon kecil atau perdu. Cabang dan ranting memenuhi batang tanaman ini. 

Terdapat 3 jenis varietas tanaman ini, daun berwarna ungu, daun berwarna hijau, dan daun berwarna belang-belang putih. Namun yang sering digunakan sebagai obat adalah daun yang berwarna ungu.

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian daun, kulit batang, dan bunga. Daunnya mengandung flavonoid, alkaloid nontoksik, glikosid, steroid, saponin, tanin dan lendir. Sementara batangnya mengandung kalsium oksalat, asam forlat dan lemak
Kandungan zat tersebut menyebabkan tanaman ini bersifat diuretik atau meluruhkan kencing, mempercepat pematangan bisul, mempunyai pencahar yang memperlancar buang air besar (mild laxative), dan melembutkan kulit (emolien).

Sifat pencahar pada daun ini hanya bersifat ringan artinya menjadikan tinja lunak tapi tidak sampai diare. Ini disebabkan prosentase kandungan lendir mencapai 35 %. Kandungan serat ini mampu membantu mengatasi dan mencegah penyakit wasir dan sembelit.




.: Related Posts :
1. Sayuran Pare, Si Hebat Banyak Manfaat
2. 10 Makanan yang Lebih Baik untuk Beli Organik
3. Melegakan Tenggorokan Akibat Batuk

{ 1 comments... read them below or add one }

Sehat Alami Dengan Produk Indonesia mengatakan...

mantap juga nih artikelnya sobat. sangat bermanfaat sekali artikelnya ini. siip. mari berbagi inform dengan >> Love Sehat Alami Dengan Produk Indonesia

Posting Komentar