Laman

Melegakan Tenggorokan Akibat Batuk

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Batuk merupakan mekanisme pertahanan alami tubuh untuk membersihkan saluran napas dari benda asing, agar fungsi pernapasan berjalan baik. Batuk juga bisa menjadi “alarm" bagi tubuh sebagai pertanda ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh.
 
4 Penyebab batuk
 
Secara umum penyebab batuk terbagi menjadi 4 faktor yaitu:

Faktor infeksi: Batuk disebabkan karena proses peradangan di saluran napas yang menyebabkan produksi dahak berlebihan, sehingga harus dikeluarkan dari saluran napas dengan cara dibatukkan.

Faktor mekanis: Batuk disebabkan adanya debu atau lendir dalam saluran napas, perubahan tekanan dalam saluran napas (akibat gangguan pada pembuluh darah dan paru-paru), proses keganasan, benda asing dalam saluran napas. Hal-hal di atas merangsang sistem pertahanan saluran napas untuk batuk.

Faktor kimiawi: Batuk disebabkan karena iritasi saluran napas oleh asap rokok atau zat kimia lainnya, sehingga lendir yang ada di saluran napas tidak dapat dikeluarkan secara normal sehingga harus dibatukkan.

Faktor suhu: Batuk disebabkan karena adanya udara yang sangat panas dan dingin mengganggu kelembaban saluran napas.

Sebagian besar penyebab batuk adalah virus, bukan bakteri yang bisa dilenyapkan dengan antibiotik. Jadi pada dasarnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa obat.

Beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meredakan tenggorokan yang gatal akibat batuk di antaranya:
1. Istirahat cukup dan minum banyak cairan.
2. Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan garam (1 sendok teh garam per 1 gelas air)
3. Hisaplah pastiles
4. Hisaplah makanan beku seperti es loli

Untuk menyembuhkan rasa sakit, kompreslah tenggorokan Anda dengan kain yang telah direndam dalam air hangat. Anda juga bisa mencoba campuran hangat chamomile: campurkan 1 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 atau 2 gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Masukkan kain atau handuk bersih ke dalam teh, peras airnya, kemudian letakkan ke tenggorokan Anda. Angkat kain kalau sudah dingin dan ulangi sampai Anda merasa lebih baik.

Plester garam juga bisa membantu mengurangi rasa sakit. Campurkan 2 cangkir garam laut ke dalam 5 atau 6 sendok makan air hangat-hangat kuku. Garamnya seharusnya lembab tetapi tidak terlalu basah. Letakkan garam di tengah lap piring, kemudian gulunglah lap dan tutupkan ke sekitar leher. Tutuplah dengan kain kering atau lap piring kering lainnya. Biarkan sampai Anda merasa nyaman.

Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas dalam tempat berendam Anda, kemudian letakkan handuk di sekitar kepala Anda untuk menghambat uap, bersandarlah ke tempat berendam sambil tetap mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam satu hari.

Cara diatas akan dapat berpengaruh lebih bila Anda mengurangi makanan dan minuman yang berminyak, panas dan terlalu dingin. Dengan bantuan obat batuk juga sesuai anjuran takaran dan anjuran dokter.

.:Related Posts :


{ 5 comments... read them below or add one }

obat alami mengatakan...

terimaksih ..

www.sahabatenterpreneur.com mengatakan...

tipsnya bagus gan makasih.ada juga obat batuk dari air beras.dan hasilnya bagus.copy aja dari web saya: www.sahabatenterpreneur.com

errmine mengatakan...

Saya biasany minum air hangat +jahe + gula merah dikit,,pasti langsung diem batuknya

jrinx mengatakan...

Saya sudah segala macam obat di minum tapi hasilnya tidak ada, setiap malam mau tidur saya selalu terganggu dengan batuk yang saya derita.

ivantz mengatakan...

Ya, Saya jg pernah punya pengalaman seperti itu. tp saya tidak sampai mencoba segala macam obat. Kadang-kadang bisa timbul reaksi lain lg. Ada istilah batuk Rejan yang disebabkan oleh bakteri Bordetella yang sifatnya sangat menular.

Obat-obatan biasa,tidak mampu meredakan batuk jenis ini. Saran saya, coba Jrinx konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut Resep Alami untuk Batuk Rejan.
Bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah belimbing, garam dapur, serta air putih secukupnya.

Kemudian cara membuat ramuannya adalah Tumbuk 10 buah belimbing yang masih segar sampai halus, lalu kita tambahkan sebanyak 2 sendok makan garam dapur ke dalam adonan belimbingnya. Remas-remaslah tumbukan belimbing dan garamnya dan kita saring untuk diambil airnya.

Setelah itu ramuan yang dihasilkan bisa kita gunakan untuk mengobati batuk jenis ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan ini dua kali sehari dan diminum teratur setiap hari sampai sembuh.

Pengobatan secara alami memang sangat dianjurkan karena tidak memiliki efek samping, namun apabila memungkinkan konsultasikan dahulu dengan dokter.

Terima kasih telah berkunjung. Semoga lekas sembuh.

Posting Komentar