Laman

Biasakan Diri Mencuci Tangan

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips sehat berikut ini adalah mengenai mencuci tangan. Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah mencuci tangan? Walaupun sangat mudah dilakukan dan hanya memakan waktu singkat, akan tetapi, justru dari langkah sederhana inilah seseorang dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.
Cuci Tangan Menggunakan Sabun
Cuci Tangan Menggunakan Sabun
Bayangkan, seberapa sering tangan Anda bersinggungan dengan benda-benda di ruang publik, seperti hand rail, gagang pintu, atau bahkan tombol keyboard yang di permukaannya terdapat kuman penyakit. Dengan menjalankan hidup bersih, kita tidak perlu terlampau khawatir akan terjangkit oleh kuman penyakit, misalnya dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kedua tangan adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Sebab, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Penyakit-penyakit yang umumnya timbul karena tangan yang berkuman antara lain diare dan cacingan.
Pada anak-anak, hal tersebut patut mendapat perhatian lebih, lantaran mereka umumnya senang bermain diluar, memegang segala sesuatu, bahkan memasukkan tangan ke dalam mulut.

Sementara itu, di tingkat nasional maupun internasional, mencuci tangan telah mendapat perhatian yang serius. Hari Cuci Tangan Sedunia menjadi bukti akan hal tersebut. Diperingati secara global setiap tanggal 15 oktober, Hari Cuci Tangan Sedunia dicanangkan PBB pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week), 17-23 Agustus 2008 di Stockholm, Swedia.

Melalui kampanye mencuci tangan, diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup sehat dan mencegah timbulnya penyakit. Oleh karena itu, sudah selayaknya jika anak-anak dibekali kesadaran untuk berlaku hidup bersih yang antara lain mencuci tangan setelah beraktivitas di luar atau saat hendak makan.

Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Selain itu, bukan hanya pada bagian telapak, tetapi seluruh bagian tangan termasuk sela-sela jari dan kuku harus disabuni agar kebersihan tangan menjadi optimal. Kalaupun tidak memungkinkan, dapat menggunakan hand sanitizer, gel yang mengandung alkohol untuk membunuh kuman yang menempel pada kulit, terutama tangan. 

Dengan demikian, diharapkan tidak ada tempat lagi bagi kuman untuk menempel dan berkembang biak di tangan.
Semoga bermanfaat...

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar