Laman

Panduan Rencana Aksi dirumah untuk Cegah Covid-19

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Berdasarkan data statistik dunia saat ini, penyebaran virus corona secara global, pasien Covid-19 telah mencapai 215.018 orang. Angka kematian mencapai 8.842, dan angka pasien yang berhasil sembuh telah mencapai 84.185. (sumber data : WHO 19 Maret 2020 16.24)

Panduan Cegah Covid-19 di Rumah

Antisipasi penularan virus ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Lalu, seperti apa persiapan yang perlu dilakukan untuk hadapi Covid-19 di rumah? Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberi sejumlah panduan untuk antisipasi virus corona di rumah. Pedoman sementara ini bertujuan untuk membantu anggota keluarga untuk merencanakan antisipasi penularan virus di dalam komunitas di Amerika Serikat, seperti dilansir dari CDC, Senin (16/3/2020). Namun, tentunya pedoman ini juga dapat menjadi pedoman bagi masyarakat di dunia, termasuk Indonesia, untuk menerapkan perencanaan tepat dalam mengantisipasi penularan wabah virus corona ini.

Buat rencana aksi di rumah

  1. Bertemu dan berbicara kepada seluruh anggota keluarga, kerabat atau rekan-rekan Anda untuk membahas apa yang harus dilakukan jika Covid-19 muncul di tengah komunitas ini. 

  2. Kenali tetangga Anda. Bicaralah dengan mereka tentang perencanaan darurat. Menjaga akses informasi dengan tetangga, jika misal lingkungan Anda memiliki situs web atau media sosial.

  3. Rencanakan cara-cara merawat mereka yang mungkin terinfeksi virus corona dan memiliki risiko lebih besar untuk komplikasi serius. Misalnya, orang-orang tua atau yang memiliki kondisi medis kronis.

  4. Identifikasi organisasi bantuan di komunitas Anda. Buat daftar organisasi lokal yang dapat dihubungi jika memerlukan akses informasi, layanan perawatan kesehatan dan lain sebagainya.

  5. Buat daftar kontak darurat. Hal ini penting untuk memastikan rumah tangga memiliki daftar kontak darurat terkini untuk keluarga, teman, tetangga dan lain sebagainya.

Setelah rencana aksi tersusun dengan baik, praktikkan kebiasaan kesehatan pribadi yang baik dan rencanakan tindakan berbasis rumah. Di antaranya dengan melakukan tindakan pencegahan sehari-hari untuk mengurangi penularan virus corona di dalam rumah.

Ingatkan semua orang di rumah Anda, akan pentingnya mempraktikkan tindakan pencegahan sehari-hari yang dapat membantu mencegah penyebaran penyakit Covid-19.

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

  • Tetap di rumah saat sakit, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.

  • Tutupi batuk dan bersin dengan tisu.

  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh setiap hari. Misalnya, gagang pintu, sakelar lampu, meja dan lain sebagainya.

  • Jika permukaan kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan deterjen dan air sebelum disinfektan.

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk atau bersin.

Langkah selanjutnya, tak ada salahnya untuk memilih salah satu kamar di rumah.

Kamar ini dapat digunakan untuk memisahkan anggota keluarga yang sakit dari yang sehat, serta perlunya memberi mereka kamar mandi yang berbeda.

Wabah Covid-19 bisa bertahan lama di lingkungan komunitas. Pedoman perencanaan antisipasi penularan virus corona yang sebabkan penyakit Covid-19 ini perlu dilakukan untuk membantu masyarakat.

Pejabat kesehatan setempat dapat merekomendasikan tindakan yang dirancang untuk membantu masyarakat menjaga orang sehat. Selain itu, merencanakan upaya untuk mengurangi paparan virus Covid-19 dan memperlambat penyebaran penyakit ini agar tidak kian meluas.

Sumber : Kompas.com

{ 1 comments... read them below or add one }

michelle mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar