Laman

7 Suplemen Yang Mampu Melawan Virus Flu

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Terjangkit virus flu tentu sangat menjengkelkan. Disamping sangat mengganggu, terkadang juga perlu waktu lama untuk menyembuhkannya. Apabila sudah terjangkit virus flu, cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi obat flu. Tapi tak jarang, walaupun sudah menggunakan antibiotik, tapi flu tidak juga menjauh. 

Suplemen untuk melawan virus flu

Penanganan virus flu sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana. Makan makanan yang bergizi, biasakan mencuci tangan serta latihan fisik merupakan cara efektif untuk mencegah flu. Tapi bila sudah terinfeksi, sebaiknya kita sudah harus mempersiapkan diri untuk mengambil masa istirahat. Imun tubuh akan bekerja dengan baik disaat tubuh sedang istirahat dan akan melawan virus flu. Bagaimana dengan obat? Nah, disini yang sedikit menarik dalam menangani flu dengan obat. Makin sering kita minum obat, adakala terasa kenapa flu tidak juga sembuh, benarkan? 

Virus flu sebenarnya juga berusaha untuk mempertahankan diri. Kalo kita terbiasa dengan obat dengan dosis rendah, berarti sudah waktunya dosis ditingkatkan. Dan terus seperti itu, atau dengan mengganti dengan obat dengan merek lain. Bagi Anda yang sering terkena flu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat, tak ada salahnya Anda mencoba beberapa suplemen yang mampu melawan virus. 

Berikut 7 suplemen yang mampu melawan virus flu.  

1. Vitamin C 
Berbagai jenis makanan, buah-buahan dan sayuran banyak yang mengandung vitamin C. Anda akan dapat mengkonsumsinya dengan mudah. Tetapi jika Anda tidak mempunyai waktu, Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C. Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen ini dapat mencegah dan mengobati flu.

 2. Vitamin D 
Seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah, lebih berisiko terkena infeksi pernapasan daripada mereka yang mengkonsumsi cukup vitamin D. Nutrisi seperti vitamin D sangat baik untuk mencegah flu dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

3. Omega 3 
Omega 3 banyak terdapat pada ikan. Jika Anda tidak suka makan ikan, konsumsi suplemen omega-3 setiap hari, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Suplemen yang satu ini memiliki banyak manfaat, seperti mampu meningkatkan aktivitas fagosit yaitu sel-sel yang melawan bakteri flu, omega-3 juga mampu melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan. Selain itu, kandungan omega-3 juga dapat meningkatkan perkembangan sel otak. 

4. Astragalus 
Astragalus adalah akar dari pengobatan China yang merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Namun harus diingat bahwa suplemen ini akan berkhasiat bila dikonsumsi selama enam sampai delapan minggu. 

5. Echinacea 
Merupakan tanaman herbal yang mampu meredakan flu dengan cepat bila Anda mengkonsumsinya sejak awal mengalami gejala flu. Namun herbal ini juga mempunyai efek samping seperti gatal-gatal dan diare. 

6. Suplemen Ginseng 
Siapa yang tidak kenal ginseng, walaupun kita hanya mengenal namanya saja. Ginseng sangat terkenal dibidang kesehatan. Ginseng mengandung senyawa yang meningkatkan sel darah putih dan interleukin yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi dua kapsul suplemen ginseng setiap hari membantu seseorang sembuh dari flu dua kali lebih cepat dibandingkan pasien yang memakai plasebo. 

7. Seng 
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 30 mg suplemen seng sejak awal gejala flu mampu mempercepat kesembuhan. Tapi jangan mengonsumsi terlalu banyak, karena mengonsumsi seng lebih dari 50 mg per hari dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan menghambat penyerapan mineral penting lainnya. 

Demikian cara alternatif untuk melawan virus flu dengan mengkonsumsi beberapa jenis suplemen kesehatan. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar