Laman

Makanan Tradisional Lebih Sehat

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
makanan tradisionalDoyan Gulai, kari atau soto? Hmm.....makanan tradisional bukan hanya sedap dan enak tetapi juga membawa khasiat bagi tubuh. Sambil menikmati kelezatannya, manfaatnya pun banyak buat tubuh. 
Makanan tradisional nusantara dan makanan Asia sangat kaya akan rempah. Baik rempah segar maupun rempah kering seperti jahe, kapulaga, jintan, cengkih, kayu manis, dan lainnya banyak khasiatnya untuk tubuh.

Rempah-rempah ini tidak hanya membuat aroma makanan jadi wangi dan rasa masakan menjadi lebih enak, tapi juga membuat badan menjadi lebih sehat. Mengapa demikian? Karena ternyata di setiap rempah-rempah yang digunakan memiliki khasiat atau manfaat untuk tubuh, diantaranya :

1. Cabai Bubuk

Cabai Bubuk memang pedas rasanya, meskipun begitu bubuk cabai bisa mengurangi rasa nyeri. Karena kandungan capsicin pada bubuk cabai yang berfungsi sebagai anti peradangan pada persendian.


Kayu Manis membantu Anda terhindar dari penyakit diabetes dan jantung. Sebuah studi di India menemukan bahwa dengan mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis ke dalam minuman atau masakan bisa menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol, dan trigleserida.
3. Bawang Putih

Meskipun aroma yang dihasilkan sesudah memakannya kadang tidak sedap, namun bawang putih ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang Putih segar yang di konsumsi setiap hari bisa menurunkan kolesterol hingga 10%.


Minyak cengkih dikenal sebagai obat sakit gigi yang ampuh, dan juga sebagai antiseptik yang membuat nafas segar. Minyak cengkih mengandung eugenol yang berfungsi sebagai anti peradangan dan juga membantu menghilangkan nyeri yang terkait dengan arthitis. Cengkih memberikan efek hangat yang bisa membuat tubuh lebih santai dan menghindari tubuh terserang masuk angin.

5. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini hampir selalu hadir di setiap jenis masakan. Rasanya pedas dan menghangatkan tubuh. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tapi juga sebagai minuman kesehatan. Jahe juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.




Gado-gado
Gado - gado


tempe bacem
Tempe Bacem

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar