Laman

Tips Perawatan Kulit Sensitif

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips Perawatan Kulit SensitifAnda mungkin harus selalu was-was saat beli kosmetik, jangan-jangan perona mata baru itu akan membuat kelopak mata Anda bengkak dan gatal. Atau bertanya-tanya, apakah krim anti kerut yang mengandung bahan tumbuhan itu membuat kulit Anda halus atau jadi merah, perih dan penyembuhannya perlu waktu berhari-hari?

Jika Anda mengalami masalah sesudah menggunakan produk untuk kulit, kemungkinan kulit Anda sensitif. Tak ada definisi textbook kulit sensitif, jelas dokter dermatologi Rachel Herschenfeld, MD., FAAD, tapi dokter dermatologi tahu jika melihatnya.
Herschenfeld merumuskan kulit sensitif sebagai kulit yang mudah bereaksi terhadap berbagai produk, padahal produk tersebut bisa secara mudah diterima oleh banyak orang. Produk terdiri dari kosmetik, pelembab, sunscreens, krim antipenuaan, dan lain-lain. Reaksi kulit terdiri dari : kulit merah, kering, mengelupas, perih, atau bahkan terjadi lepuh.

Penyebabnya adalah, kemungkinan Anda alergi dan sistem imun Anda memberi respons terhadap ingredien tersebut. Atau kulit Anda hanya mudah terirritasi. Irritasi berkemungkinan lebih besar menyebabkan perih, sementara reaksi alergi cenderung menyebabkan gatal. Apapun reaksinya, Anda tak perlu takut dengan ingredien-ingredien perawatan kulit. Jika Anda belanja secara cerdas, pilih produk lembut, Anda akan bebas dari masalah-masalah kulit sensitif.
Perawatan Kulit Sensitif

Bersihkan secara tepat.
Jika menggunakan sabun, ganti dengan pembersih cair lembut bebas sabun. Ini saran utama Herschenfeld. Menggosok wajah dengan sabun bisa keras pada kulit. Pembersih cair bebas sabun dirancang untuk mencegah kulit sensitif jadi kering. Selain itu, pembersih ini juga bebas wewangian dan ingredien lainnya yang tak diperlukan, yang hanya meningkatkan irritasi saja. Pembersih cair bebas sabun juga bisa dilap dengan tissue dari pada dibilas, dan juga tersedia dalam bentuk sabun batangan (bar).

Anda mungkin terbiasa menggunakan sabun dan merasa kurang bersih jika kulit wajah dibersihkan tanpa sabun. Untuk mengatasi, pilih sabun lembut yang mengandung pelembab, tidak mengandung wewangian dan zat pewarna. Pilih yang dilabeli untuk kulit sensitif.
Coba tips berikut untuk mencegah masalah-masalah kulit :
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung asam. Terdiri dari salicylic acid, yang sering terkandung dalam pembersih jerawat.
  • Jangan menggunakan sabun deodoran atau sabun antibakteri. Kedua ini mutlak tidak diperlukan kebanyakan produk perawatan. Herschenfeld tidak menganjurkan pemakaian produk ini kecuali jika terdapat infeksi aktif yang perlu diobati.
  • Scrub wajah secara perlahan. Menggunakan waslap kasar atau buff puff dapat mengiritasi kulit. Lebih baik bersihkan wajah secara lembut dengan ujung jari atau dengan lap halus dan keringkan secara baik.

Pelembab Dan Sunscreen

Pelembab dapat membantu mencegah kulit sensitif jadi kering dan terirritasi, tapi jaga agar sederhana. Hindari produk yang mengandung wewangian atau yang banyak ingredien. Herschenfeld menganjurkan cari produk dari perusahaan yang juga membuat cairan pembersih tanpa sabun. Anda berkemungkinan besar menemukan pelembab yang lembut untuk kulit Anda yang sensitif.

Sunscreen sangat penting untuk mencegah kerusakan sinar matahari dan efek penuaan pada kulit. Ada 2 jenis sunscreen.
  • Sunscreen zat kimia yang bekerja dengan menyerap sinar. Bagi sebagian orang, komponen zat kimia ini bisa sedikit mengirritasi, jelas Herschenfeld.
  • Sunscreen fisik bekerja dengan memantulkan atau menghambat sinar. Mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang berkemungkinan kecil menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang dengan kulit sensitif atau alergi terhadap zat kimia sunscreen.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar