Laman

Tips Mencegah Rambut Rusak

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
sisir rambutSemua orang tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, indah dan kuat. Dengan perawatan yang tepat, hal itu tidaklah sulit untuk di dapat. Tapi, banyak orang yang justru merusak rambut ketika mencoba merawatnya. Proses penataan rambut juga dapat merusak rambut tanpa Anda sadari. Berikut, tips cara menghindari perusak besar ini.

Sisir rambut secukupnya
Menyisir dan menyikat rambut secara berlebihan, terutama rambut basah, lama kelamaan bisa menyebabkan sisik kutikula terangkat. Dalam kasus ekstrim dapat rusak. Lupakan anjuran sikat rambut 100 kali setiap malam. Tujuannya untuk memindahkan minyak dari kulit kepala ke rambut agar mengkilap. Menyisir rambut secara agresif ketika rambut basah dapat membuat rambut rusak.

Turunkan Panas
Peralatan penata rambut yang dipanaskan dapat merusak rambut. Terutama jika digunakan pada rambut basah. Lama kelamaan rambut jadi kusam dan lemah, lalu rontok. Jangan mengunakan peralatan ceramic pada rambut basah.


Jangan Disasak
Menyasak rambut benar-benar merusak karena menyikat rambut ke arah yang berlawanan dengan sisik kutikula, yang akhirnya bisa rusak, membuat cortex terekspos.

Mengatasi Ujung Rambut Terbelah
Ujung rambut terbelah terjadi ketika lapisan kutikula rambut rusak parah atau hilang, membuat batang rambut yang terekspos jadi garing.
Solusi: 
Lindungi rambut dan lembabkan secara intens dengan menggunakan conditioner setiap hari. Potong rambut secara teratur juga membantu.

Rambut Berminyak
Jika folikel rambut melepaskan sebum (sejenis protein alamiah) yang berlebihan, rambut bisa kempes dan berminyak.
Solusi: 
Kulit kepala berminyak perlu perawatan yang konsisten. Saat shampoo rambut, pijatkan ke akar rambut dan lalu turun ke batang rambut. Tangani rambut sesedikit mungkin. Menyisir, menyikat rambut menggerakkan sebum dari kulit kepala ke batang rambut yang dapat membuat rambut tampak berminyak.
Mengatasi Rambut Kusam
Efek buruk lingkungan dan timbunan produk penata rambut membuat rambut tampak kering dan kusam.
Solusi:
Shampoo lembut dapat membersihkan residu. Tapi jangan digunakan secara berlebihan karena bisa menghilangkan semua minyak alamiah rambut. Deep conditioning atau creambath membuat rambut lemas dan mengkilap.
Baca juga Rahasia Tubuh

Mencerahkan Warna Rambut
Sepermanen apa pun pewarna rambut, semua pewarna akan pudar sejalan dengan waktu. Sinar matahari, udara, dan shampoo keras semuanya membuat warna pudar.
Solusi:
Gunakan pewarna rambut semipermanen untuk mewarnai rambut karena jauh lebih lembut dan dirancang untuk lama kelamaan pudar sehingga Anda bisa lebih cepat mewarnainya tanpa menyebabkan terlalu banyak kerusakan. Gunakan shampoo dan conditioner yang dirancang untuk menjaga warna rambut.   

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar