Laman

Tips Sehat Mencintai Usus

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Dengan mengkonsumsi makanan yang baik akan membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan Anda, yang berdampak pada kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

usus manusiaKesehatan tubuh berawal dari usus yang sehat. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga dan mencintainya organ penting kita yang satu ini. Sebelumnya, kita harus mengenalinya dengan baik. Usus kita terbagi menjadi dua, yakni usus halus dan usus besar.

Semua Diserap Oleh Usus Halus

Segala sesuatu yang kita makan, baik maupun buruk, diserap oleh usus halus. Zat nutrisi yang telah diserap itu kemudian diedarkan melalui peredaran darah untuk diteruskan ke seluruh tubuh kita, karena seluruh organ tubuh kita memerlukan nutrisi untuk menjalankan fungsinya dengan baik.
Jika kita mengkonsumsi asupan yang baik, gizi, vitamin dan segala nutrisi yang baik, itulah yang diserap usus sehingga efek baiknya akan berguna untuk tubuh kita. Kondisi tubuh pun terjaga.

Peran Besar Si Usus Besar
Setelah sari pati makanan diserap di usus halus, ampas atau zat sisanya akan dibuang ke dalam usus besar, yang juga bagian akhir dari saluran pencernaan kita. Di usus besar lah sisa makanan yang dikumpulkan untuk di buang. Oleh karena itu, usus besar juga merupakan organ penting untuk kesehatan tubuh kita. 

Contoh kecilnya saja, buang air besar kita tidak lancar. Artinya racun yang seharusnya langsung dibuang keluar tubuh, malah disimpan dalam perut. Penumpukan racun (toksin) ini akan masuk ke sistem peredaran darah dan lagi-lagi tersebar ke seluruh tubuh kita.

Hal-Hal Pemicu Gangguan Pada Usus Antara Lain :
1. Stress

Tidak hanya masalah usus, stress juga merupakan pencetus berbagai macam penyakit. Pada usus, stress bisa memperlambat masa transit makanan, sehingga memperlambat pembuangan zat sisa yang seharusnya cepat dibuang.

2. Pola Makan

Makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan perasa buatan yang selalu mengelilingi kita, dan juga junk food. Jarang minum air putih, banyak minum soda atau alkohol. Cara makan yang salah seperti terlalu kenyang, tidur setelah makan, atau food combining yang salah.

3. BAB Tidak Teratur.

Tidak teratur BAB menyebabkan penumpukan racun dalam usus, yang membahayakan kesehatan kita. Banyak mengkonsumsi air putih dan serat pada sayuran dan buah-buahan bisa membantu melancarkan BAB.

4. Tidak Seimbangnya Bakteri Dalam Usus

Bila keseimbangan bakteri ini terganggu maka akan terjadi gangguan pada saluran pencernaan. Mengkonsumsi L.Casei Shirota strain secara teratur akan membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus.

Tips Bagaimana Mencintai Usus kita
  1. Rajin minum air putih, karena usus membutuhkan cukup air untuk proses pelumatan makanan, proses penyerapan, juga untuk kelancaran proses pembuangan.
  2. Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah. Karena serat yang dikandungnya berguna untuk melancarkan proses pencernaan makanan di usus.
  3. Tidak menahan BAB, karena menyebabkan kotoran menumpuk dalam usus.
  4. Jaga pola makan. Konsumsilah makanan dan minuman yang baik dengan kandungan yang baik. Hindari makanan terlalu pedas, pewarna, pengawet, perasa buatan, alkohol, dan kandungan lain yang membuat pencernaan "kewalahan".
  5. Olah raga teratur juga baik untuk metabolisme tubuh, termasuk pencernaan. Gerakan tubuh kita otomatis juga memberikan gerakan yang baik pada pencernaan kita.
  6. Konsumsi Minuman ProBiotik secara teratur. Dengan mengkonsumsi minuman probiotik yang mengandung L.Casei Shirota strain secara teratus dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh dan menjaga kondisi tubuh. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar