Laman

Tips Alamiah Mencegah Flu dan Pilek

Posted by ivantz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Flu dan pilek merupakan penyakit menular yang patut di waspadai. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja apalagi disaat imunitas tubuh seseorang lemah. Berbagai cara dapat kita lakukan agar terhindar dari flu dan pilek. Jika Anda mudah terserang flu dan pilek, coba cara alamiah berikut untuk tetap sehat.

Tips Alamiah Mencegah Flu dan Pilek

Tingkatkan Kadar C dan vitamin D.

Vitamin D meningkatkan imunitas dengan mendorong tubuh menciptakan antibodi alamiah. Vitamin C mencegah pneumonia, yang merupakan komplikasi paling berbahaya terkait flu dan pilek. Para ahli menyarankan mendapatkan 1.000 IU vitamin D3 dan 500 mg vitamin C setiap hari. 


Kuatkan Imunitas Dengan Bawang Putih.

Sebuah studi Inggris menemukan, orang-orang yang minum suplemen bawang putih selama musim pilek berkemungkinan lebih kecil 50% tertular pilek dibanding yang minum plasebo. Menurut para periset, paling baik minum 600 mg sampai 1.200 mg dalam dosis yang dipisahkan.

Penting: Suplemen bawang putih dapat mengencerkan darah. Sebelum minum, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

Kumur dengan Air 

Para periset Jepang melaporkan, kumur dengan air biasa selama musim pilek menurunkan risiko terserang pilek sampai 36%. Berkumur membilas virus sebelum punya kesempatan untuk menjangkiti Anda.

Hangatkan Badan

Anda tak akan pilek karena cuaca dingin, tapi merasa dingin dapat melemahkan imunitas karena membuat sel-sel darah putih dan antibodi lainnya kurang agresif dalam memberantas virus yang menyerang.
Bukti:
Para relawan yang merendam kaki dalam air es berkemungkinan lebih besar 20% mengembangkan radang tenggorokan dan hidung meler dalam 5 hari dibanding yang menjaga kakinya tetap hangat dan kering, begitu dilaporkan dalam jurnal Family Practice.

Hidung Mulai Tersumbat?
Untuk melonggarkan pernapasan secepat mungkin, coba:
  • Minum teh hangat atau mandi air hangat untuk melembabkan saluran hidung.
  • Tidur dengan bantal ekstra untuk membantu menguras saluran nasal di malam hari.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar